Hari Pertama Abang Fatih Masuk SMP Muhammadiyah 3 Bandar Lampung

Assalamu'alaikum Sahabat Smart Mom, rasanya kangen curhat di sini. Sejak aku hamil jadi jarang ngeblog karena biasalah... drama bumil. Kalau nggak mual, ngantuk atau kram hihi.... Nah, Juli ini Abang Fatih masuk SMP. Aku mau ceritakan pengalamanku mengantarkan Abang Fatih dihari pertama masuk SMP Muhammadiyah 3 Bandar Lampung.

Hari Pertama Abang Fatih Masuk SMP Muhammadiyah 3 Bandar Lampung


 Kenapa Memilih SMP Muhammadiyah 3 Bandar Lampung?

Sebelumnya, Abang Fatih punya sekolah impian, mau masuk sebuah SMP IT, sayangnya Abang Fatih enggak lulus seleksi. Sempat sedih Abang Fatihnya kami juga sempat down karena penolakan itu membawa kami mengajak Abang Fatih test IQ. 

Selanjutnya kami mencari sekolah yang pas buat Abang Fatih. Ada sebuah boarding school dekat rumah, tapi Abang Fatih kurang berkenang dengan alasan, "Banyak hapalannya!" OOw, anakku ini emang kurang berbakat di akademik atau pun hapalan Al Qur'an, Abang Fatih lebih suka main futsal atau bola. Jadinya pengen masuk sekolah bola. Alhasil kami cari sekolah yang tidak terlalu banyak beban hapalan Al Qur'an.

Lalu, aku bertanya dengan beberapa teman sekolah yang Islami di sekitar rumah. Sengaja mencari sekolah yang tidak terlalu jauh, jadi bisa antar/jemput oleh Abi atau Mas Faris, soalnya aku lagi hamil. Sampailah seorang teman mengusulkan SMP Muhammadiyah. Nah, ini aku asing, belum pernah terpikirkan masukan anak ke sini, taunya sekolah IT atau pondok aja. Kalau sekolah negeri kami belum berkenan, entah kelak kalau SMA ya.

Jadilah aku survei ke beberapa SMP Muhammadiyah di Bandar Lampung, terutama yang sekitar Rajabasa. Sampailah aku ke SMP Muhammadiyah 3. Aku jatuh hati karena penerimaan gurunya. Saat ngobrol, aku bilang kelebihan dan kelemahan anakku dibeberapa mata pelajaran, berharap sekolah mau mengerti dan memahaminya plus membimbing lebih baik. Aku diterima dengan baik, diajak keliling sekolah (saat itu ada siswa lagi belajar), jadilah aku melihat ruangan belajar, Aula, Perpustakaan, Kantin, dll. 

Sesampai di rumah, aku laporan ke suami menunjukkan foto dan pengalamanku, suami menyambut dengan baik dan kami diskusikan dengan Abang Fatih, alhamdulillah Abang Fatih mau sekolah di SMP Muhammadiyah 3 Bandar Lampung.

Hari Pertama Abang Fatih Masuk SMP Muhammadiyah 3 Bandar Lampung

Tibalah hari pertama Abang Fatih masuk sekolah. Skenarionya, Abang diantar Mas Faris berdua naik motor,  berangkat pukul 06.30 WIB karena masuknya pukul 06.50 WIB. Jarak dari rumah nggak terlalu jauh.  Aku dan Abi juga Aisyah menyusul. Jadilah Abang udah sampai ke sekolah duluan. Nah, karena macet banget Abi nggak bisa lama-lama nemani langsung balik arah ke kantor. Aku, Aisyah dan Mas Faris masih nungguin di depan gerbang. 

SMP Muhammadiyah 3 Bandar Lampung


Di sana ada beberapa ibu-ibu berdiri di depan gerbang. Mereka sama sepertiku mengamati anaknya di hari pertama masuk sekolah. Ada yang menunggu anak pertama, anak kedua atau dll. Ada juga emang anaknya semua sekolah di lingkungan ini. Btw, di Kompleks Muhammadiyah ada sekolah sejak TK-Perguruan Tinggi. Jadinya rame banget.

Usai lihat kondisi hari pertama Abang Fatih masuk sekolah, kami mau cek kantin ternyata kantin di dalam gak boleh masuk, kami cari yang di luar pagar. Banyak banget! Mana murah-murah, cuma kami kepagian jadi belum semua buka. Jadilah jajan kue yang seharga Rp 1000 saja. Yuhuui, asyik banget! Lalu, kami pulang deh!

Nah, Abinya malah nanya, "Gimana kondisi Fatih?" Duh, kan aku juga kepo Abang Fatih bisa nggak beradaptasi? Soalnya, anak keduaku ini termasuk pemalu. Jadinya sering tidak nyaman kalau lingkungan baru dan belum punya teman. Nah, pas jam istirahat aku sengaja ke sana lagi bersama Aisyah. Alhamdulillah ketemu Abang Fatih (setelah izin ke guru piket, ya!). Abang Fatih lagi jajan di kantin sekolah. Kutanya aman nggak? Abang Fatih terlihat ceria dan nggak seperti yang aku khawatirkan, alhamdulillah...

Ya, namanya ibu ya dag, dig,dug lihat anak bujang di lingkungan baru. Beda anak, beda karakter. Kalau Mas Faris pas masuk pondok, dianya enggak melow sama sekali, malah akunya yang nangis huhu... kan jadi ingat lagi...

Usai ketemu Abang, mulai deh kami jajan lagi. Aisyah malah udah jajan takoyaki dan es teh. Pokoknya di sekolah Abang Fatih banyak jajanan, siap-siap aja uang jajannya banyak hihi... 

Tapi, udah bawa bekal makan siang, tadi aku kasih uang jajan RP. 15.000 untuk hari pertama, besok-besoknya udah Rp. 10.000 aja, soalnya pulang sekolah minta makan siang lagi juga dan pulangnya dijemput, tapi kalau naik angkot sendiri, aku tambahin deh.

Sekian pengalamanku berbagi hari pertama Abang Fatih masuk sekolah  SMP Muhammadiyah 3 Bandar Lampung semoga bermanfaat!  

13 komentar untuk "Hari Pertama Abang Fatih Masuk SMP Muhammadiyah 3 Bandar Lampung"

  1. wah senengnya abang Fatih sudah masuk smp muhammadiyah ya, sudah besar saja ya mbak

    BalasHapus
  2. Selamat memasuki jenjang baru, Abang Fatih. Semoga semakij semangat belajarnya, ya. Jajanannya juga kelihatan enak-enak, nih.

    BalasHapus
  3. Namanya ibu-ibu pasti dag dig dug ya melepas anak ke lingkungan sekolah baru dan selalu memastikan anaknya baik-baik saja, Aku ngalamin juga soalnya. Selamat memasuki jenjang pendidikan dan lingkungan yang baru ya buat abang Fatih. Semangat belajar dan makin rajin..

    BalasHapus
  4. Congrats dan welcome ya Abang Fatih di sekolah yang baru, teman baru, guru baru dan dunia baru semoga lancar dan senang menjalaninya ya, good luck

    BalasHapus
  5. abang fatih gak berasa udah bujang ya, semoga makin pinter dan rajin belajar jadi anak baru di smp ya..

    BalasHapus
  6. Semangat belajarnya Abang Fatih di bangku SMP. Semoga keilmuan yang didapatkan bisa bermanfaat untuk masa depan ya

    BalasHapus
  7. abang fatih selamat ya sudah menjadi anak SMP, dan pertama kali sekolah pasti semangat dong

    BalasHapus
  8. Selamat Abang Fatih sudah menemukan sekolah yang cocok. InsyaAllah selalu semangat ya bersekolah 3 tahun di sana. Wah ternyata suka bola ya? Berarti ikut2 klub gitu ya mbak?
    Sebagai ortu memang kudu mendukung apapun yang diinginkan anak sambil terus mendoakan yang terbaik ya.

    BalasHapus
  9. Selamat memasuki masa2 remaja dan bersekolah di SMP Abang Fatih. Semangat belajar

    BalasHapus
  10. Semangat belajar di SMP ya Abang Fatih, moga lancar selalu sekolahnya, gak susah beradaptasi di lingkungan baru ya, Bang :)

    BalasHapus
  11. Senyum mamanya polll
    Sebentar lagi bakal punya adik
    Insya Allah sudah bisa bantu jaga karena sudah masuk SMP
    Semangat ya Nak

    BalasHapus
  12. MasyaAllah, sudah SMP ya mbak. Semangat ya Abang Fatih, semoga betah dengan sekolah barunya dan punya banyak teman. Rencananya si abang mau ikutan ekskul apa mbak?

    BalasHapus
  13. semangat Abang, semoga semakin rajin dan pintar ya :D

    BalasHapus

Terima kasih telah meninggalkan jejak. Mohon maaf komentar saya moderasi untuk menghindari spam. Mohon juga follow blog, Google +, twitter: @Naqiyyah_Syam dan IG saya : @naqiyyahsyam. Semoga silaturahmi kita semakin terjalin indah ^__^